April 5, 2012

Lima Tanaman Pengusir Nyamuk

PADA saat ini, mayoritas masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia, mengusir nyamuk selalu menggunakan semprotan serangga maupun losein antinyamuk. Tapi, tahukah Anda ada cara alami mengusir nyamuk? Berikut ini adalah ragam tanaman pengusir nyamuk yang aroma khasnya mampu membuat nyamuk enggan mendekat.

Pertama; Lavender, bunga lavender sudah jamak dikenal dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Bunga dengan warna ungu ini dapat Anda gunakan dengan menggosok-gosokan pada kulit.

Kedua; Geranium, kandungan geraniol dan sitronelol di dalamnya membuat nyamuk enggan untuk mendekat karena aroma yang ditawarkan. Tanamlah di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan lebih mudah tercium jika daunnya saling bergesekan.

Ketiga; Serai, tanaman jenis rumput-rumputan ini juga sangat dibenci nyamuk karena kandungan yang sama dengan geranium. Jangan ragu untuk menanam serai. Selain mengusir nyamuk secara perlahan, serai juga bisa dimanfaatkan untuk pelengkap bumbu pada masakan.

Keempat; Rosemary, aroma daun rosemary ternyata bukan hanya penghilang stres, tanaman dengan daun berbentuk jarum serta bunga kecil berwarna ungu ini ampuh mengusir nyamuk jika Anda menggosokkannya ke kulit. Langkah ini dapat mengacaukan penciuman nyamuk karena aromanya yang mirip dengan minyak kayu putih.

Kelima; Zodia, tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang dengan warna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini akan mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk.(MI/wtr5).

Source: metrotvnews.com

No comments: